Naskah Drama "Loe Gue Wis"

Aku mau ngepost tentang tugas-tugasku selama di SMP. Kali ini yang tugas kelas 8. Tugas kelompok sebenere. Semoga bisa membantu :P



Loe Gue Wis

     Tokoh    :
*      Mery           : Cewek, usia 13 tahun, ramah, suka bergaul,
*      Lintang       : Cewek, usia 13 tahun, ramah, berambut pendek,
*      Bambang    : Cowok, usia 13 tahun, bahasa Jawanya sangat kental,
*      Pinoy          : Cowok, usia 13 tahun, Betawi, kadang-kadang suka o’on,
*      Dylan                   : Cowok, usia 13 tahun, sok romantis,
*      Pak Pati      : Guru pria, usia sekitar 37 tahun, orang Sunda asli,

     Situasi panggung      :
          Hari Rabu, hari yang sangat menyebalkan dengan berbagai macam pelajaran yang sangat membosankan. Tetapi, pagi itu ada yang berbeda. Pak Pati, datang ke  kelas bersama seorang murid cewek yang agak asing. Cewek itu tersenyum ramah.

Pak Pati      :”Selamat pagi, Anak-anak !” (menyapa murid 8-3 dengan semangat dan   sumringah)
Murid 8-3   :”Pagi Pak!” (murid menjawab dengan koor ala anak SD)
Pak Pati      :”Pagi ini, kita semua mendapat teman baru di 8-3. Dia baru saja pindah dari Subang. Silakan . . .” (mempersilakan Mery masuk)
Mery           :”Terimakasih, Pak. Tapi . . . saya ingin membetulkan kalimat Bapak, yang “baru saja pindah”, Pak. Karena, setelah dipikir-pikir, saya sudah 2 bulan di sini” (sambil berpikir)
Pak Pati      :”Haa . . . ya . . ya . .” (geleng-geleng kepala geli)
Mery           :”Hehe. Oke . . . Pagi, semua . . . kenalin, aku Meryssa P.N, aku dari Kudus, tapi aku tinggal di Subang.Karena, orang tuaku pindah-pindah”
Dylan          :”Halo Mery, maaf menyela. Kenalin juga, nih. Aku Dylan, cowok terkeren di 8-3 tahun ini” (sambil menaik-turunkan alisnya dan tersenyum narsis)
Mery           :”Haa??” (terbelalak,melongo,kaget)
Murid 8-3   :”Wuuu . . . dasar narsis, Loe !” (koor lagi)
Pak Pati      :”Ckckck . . . Dylan . . Dylan . . .” (sambil menahan tawa)
Bambang    :”Dylan naksir mbak’e tuh . . .” (menyahut)
Murid 8-3   :”Ihiy . . . prikitiew . . . ayo . . ayo . . . tweet di twitter yook” (kompak, lagi)
Pak Pati      :”Sudah-sudah . . .” (melerai) “tapi, kalau udah di tweet, jangan lupa mention-in Bapak, ya”
Murid8-3    :”Wuih . . . hebat, Pak Guru gaul euy!”
Pak Pati      :”Yaa iya laah” (menggoyangkan kepala)
Mery           :(baru sadar dari kagetnya) “Wah, gila ini . . .” (katanya pelan)
Pak Pati      :”Udah-udah, silakan lanjutkan, Mery . . .”
Mery           :”Hm . . . eh, iya, Pak . . .” (nyengir kuda) ”Kalian bisa panggil aku Mery . . . Salam kenal !” (tersenyum)
Pak Pati      :”Oke, terima kasih . . . kamu bisa duduk di . . .” (mencari bangku kosong) ”Lah, itu . . . di sebelah si Pinoy !” (sambil menunjuk Pinoy)
Mery           :”Pinoy, ya . . . “ (memandang cowok keriting, item-manis yang ditunjuk Pak Pati)
  
Mery pun segera menuju tempat duduknya dan Pak Pati memulai pelajaran pagi itu. “Kring – ding – dong” bel berbunyi, istirahat tiba. Saat – saat yang paling ditunggu oleh murid 8-3 yang sedang diserang oleh jutaan rumus fisika ala Pak Pati yang banyaknya melebihi bintang di langit.

Pinoy          :“Hai Mery...aku Pinoy” (tersenyum)
Mery           :“Oh...hai Pinoy, senang berkenalan denganmu” (tersenyum membalas Pinoy)
Pinoy          :”Kamu orang Betawi kan, sama kayak ane” (kata Pinoy sok tahu)
Mery           :”Betawi ?”(tanya Mery bingung)” aku orang Kudus, Pinoy...” (kata Mery sabar)
Pinoy          :”Ooh...tinggal di Kudus...ya...ya...”(mulai nggak nyambung)
Mery           :”Ha ? Ya deh nyerah. Anything you say !”(tak sabar lagi)
Pinoy          :”Haa ?” (senang sekaligus kaget, dikiranya dia dipanggil ‘say’ sama Mery )”Oh...jangan marah tho say...”(katanya ge-er)
Mery           :(Kaget,menaikkan alisnya tak percaya)”Apa ? Haa ? What are you talking about ? ge-er banget sih jadi orang...”(kata Mery heran,tak percaya)
Pinoy          :(masih ge-er dan malu)”kamu pengen gedang...oke...besok aku bawain,say...”(tersenyum)
Mery           :(terbelalak, melongo,kaget tak percaya lagi)”Sumpah, ni anak gila apa ya ?”(geleng-geleng)
Pinoy          :”Kamu suka aku ?” (ge-er tingkat tinggi plus nggak nyambung)” Hehehe...makasih Mer...aku juga suka kok...sama kamu”(malu-malu)
Mery           :”Ampun...Tuhan, parah banget sih lo”(kata Mery tak sabar, sedikit emosi, sekaligus heran tak percaya)
Pinoy          :”APA ! Parah ? Siapa yang parah ?! Enak aja ngatain orang sembarangan, kan tadi yang bilang suka aku duluan kan kamu. Kenapa kok kamu tiba-tiba bilang aku parah sih ?!”(tak terduga, dia jadi nyambung dan sedikit emosi)
Mery           :”Haa ?”(kaget lagi untuk yang kesekian kalinya)”Oh...bukan kamu, itu lho...tadi berita yang ada di TVRI...”(ngeles)
Pinoy          :”Oh...oke deh...say...aku pergi dulu ya...”(nggak jadi marah dan ge-er lagi)
Mery           :”Gilaa...kalo lagi ngomong serius dia nggak nyambung, malah jadi ge-er, eeh...giliran waktu disindir dianya nyambung...Oh My God”(memutar bola matanya,mencoba meredam kesal)
Lintang, yang baru datang dari kantin, langsung menuju ke bangku Mery. Menghampiri Mery yang sedang menyalin jadwal pelajaran dari buku tertib kelas.

Lintang       :”Hai...”(menyapa dengan ramah)
Mery                     :(Mendongak, berpaling dari kesibukannya mencacat jadwal) “Ooh...Nama kamu siapa ?”
Lintang       :”Lintang Lestari, senang bisa kenal kamu”(tersenyum, mengulur tangannya kepada Mery)
Mery           :”Sama aku juga”(membalas tersenyum dan menjabat tangan Lintang)
Lintang       :”Gimana ? Enak nggak disini ?”(tanyanya ramah)
Mery           :(tersenyum, menutup bukunya)”Asyik, disini...anaknya ramah, baik, cocok banget. Jadi betah deh...(katanya tulus)
Lintang       :”Hehe...bisa aja kamau”
Mery           :”Tapi,Lin...by the way...boleh nggak aku tanya sesuatu ? (serius)”tapi jangan bilang siapa-siapa”
Lintang       :(berpikir)”Okay...tanyai aja...”(tersenyum)
Mery           :”Si Pinoy tuh kenapa sih ?Aku ngomong ini...eeh...dianya jawabnya beda. Sebenarnya kenapa sih ?”(serius dan heran)
Lintang       :”Oh...itu,hahahaha”(tertawa)”Pinoy tuh emang rada-rada ga nyambung, kadang-kadang’budi’nya kambuh (jelasnya)
Mery           :”’budi’??”(heran lagi)”Apaan tuh?”
Lintang       :”Hehehe.....’budi’itu budek dikit, haha”(tertawa lagi)
Mery           :”Hahahaha”(ikut tertawa)”bisa aja”
Lintang       :”Ya...bisa,lah...Lintang”

Bu IPS datang, Lintang kembali ke tempat asalnya. Semua murid 8-3 diam. Tak lama kemudian, Bu IPS keluar kelas karena ada keperluan mendadak, Jadilah,8-3 punya kesempatan emas untuk bermain selama 2 jam kemudian. Mery yang harus melengkapi identitasnya, menghampiri  Bambang sang ketua kelas. Ia membawa selembar kertas berisi biodatanya.

Bambang    :”(menyadari kedatangan Mery)”Eh,hai...kamu Mery kan ?”
Mery           :(tersenyum sedikit heran)”yaa...kamu?”
Bambang    :”Aku Bambang”(jawabnya singkat)
Mery           :(menyodorkan biodatanya)”ini identitasku,kapan aku bisa dapat kartu pelajar sama perpus?”(todongnya bertubi-tubi)
Bambang    :”Sabar , mbak . .” (menerima biodata Mery dan membacanya)”sik mbak, bentar . . .”
Mery           :”Oke, gimana, Bam?” (tanya lagi)
Bambang    :”Namamu lucu lho, mbak Mer” (tersenyum)
Mery           :(kaget, heran)”Lucu apanya sih?”
Bambang    :”Meri, Meri kalau di bahasa Jawa artinya anak itik, mbak Mer . . . hehe” (nyengir)
Mery           :”Astaganaga, Bambang . . . namaku, my name is M-E-R-Y dibacanya Mery, (e’seperti pasa kata ‘enak) bukan Meri (e’seperti pada kata ‘emas)” (jelas Mery)”Ngerti, kan?” (berusaha sabar)
Bambang    :”000h . . . hehe . . . sepurone nggih mbak . . . Aku ora ngerti ee” (minta maaf)
Mery           :”Hufft . . . ya . . . ya . . . Udah ya, aku tinggal Thanks before”(berusaha tersenyum)
Bambang    :”Ya . . . oelah bel berbunyi 5 kali mbak . . .”

Setelah melewati beberapa perkenalan yang cukup unik , Mery pun pulang setelah bel berbunyi 5 kali. Ia sedang menunggu papanya yang katanya masih ada meeting.Ia duduk di halte depan sekolah.Tak lama kemudian, datanglah Dylan.

Dylan          :”Merry...”(sapanya dengan manis,tersenyum,seraya duduk disamping Mery)
Mery           : (Kaget sedikit,menoleh menatap Dylan)”oh...kamu,eh...maaf aku lupa,siapa ?
Dylan          :”Yah...SL”(katanya sedikit menyesal)
Mery           :”Apaan tu SL ?”(penasaran)
Dylan          :”SL itu.lemah,letih,lesu,lunglai,lalinan...Mery sayaaang...”(sok romantis)
Mery           :”Idih...gila...biasa aja gito lho...siapa namamu?”(mengernyit)
Dylan          :”Namaku,Dylan Chui...ingat, kan ?”
Mery           :”Ooo...ya, Dylan...”(mengangguk)
Dylan          :”Dijemput siapa nih ?”(tanyanya lagi)
Mery           :”Papaku,kenapa ?”
Dylan          :”Nggak papa,kasih nomermu dong,Mer...”(mengeluarkan ponselnya)
Mery           :”Nomer apaan ?sepatu ?”(menggoda)
Dylan          :”Nggak !nomer rumahmu Mer...!yaa,udah pasti nomer ponselmu laah
Mery           :”Ooh...bilang dong dari tadi...0887880088”(melihat jalan raya)”eh,itu papaku,aku pulang dulu ya Dy...”(pamit)
Dylan          :”Okay,Merryssa sayang”(gombal)”makasih nomer ponselnya”(sedikit teriak)


Comments

Popular Posts